Ini dia fitur-fitur perangkat keras dan perangkat lunak pada android yang perlu anda ketahui

Ini dia fitur-fitur perangkat keras dan perangkat lunak pada android yang perlu anda ketahui - Untuk pertama saya bahas tentang fitur perangkat keras terlebih dahulu, Android memiliki fitur perangkat keras didalamnya asalkan anda tahu, yang gunanya dapat dimanfaatkan oleh para developer dalam membangun aplikasi. Adapun beberapa fitur perangkat keras yang ada pada android yakni :
fitur-fitur perangkat keras dan perangkat lunak pada android
TouchScreen

a. Touchscreen 
Perangakat android memiliki fitur layar sentuh (touchscreen) yang memeberikan beberapa kemungkian bagi pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi dengan menggunakn jari. Penngguna dapat melakukan swipe, flip, drag, dan pinch untuk mengezoom. Android juga mendukung multi touch yang berarti keseluruhan layar dapat disentuh dengan satu atau lebih jari pada saat yang bersamaan.

b. GPS
Sistem operasi android mendukung GPS yang memungkinkan developer untuk mengakes lokasi pengguna. Contoh aplikasi yang memanfaatkan GPS adalah Aplikasi peta (Map) yang menunjukkan lokasi pengguna dan memberikan petunjuk untuk menuju suatu lokasi.

c. Accelerometer
Android mendukung Accelerometer, yaitu perangkat yang diguakan untuk mengukur percepatan. Accelerometer dapat memberitahukan apabila suatu Perangakat Android bergerak, atau terguncang, atau berbalik arah posisinya.

d. SD Card
Android memiliki fitur yang memungkinkan pengguna atau aplikasi untuk mengakses (menyimpan atau membuka) file pada SD Card. SD Card juga merupakan media penyimpanan media yang digunakan oleh perangkat android dan beberapa perangkat mobile lainnya non Android sebagai media penyimpanan.

Kemudian yakni fitur perangkat lunak android, Androd memiliki banyak fitur perangkat lunak yang dapat digunakan oleh developer dalam mengembangkan aplikasi. Bebeapa fitur populer tersebut akan dijabarkan disini.
fitur-fitur perangkat keras dan perangkat lunak pada android
Google APIs
a. Internet
Kemampuan akses internet pada android memberikan banyak keunggulan. Berbagai informasi secara real-time dapat diperoleh dengan mudah dengan interent. Contoh, sebagai pengguan, dapat menggunakan internet untuk melihat jadwal pemutaran film bioskop, cuaca suatu area, jadwal penerbangan dan lainnya. Sebagai developer, dapat menggunakan internet untuk akses secara realtime kepada data, update data. Developer juga dapat menggunakan internet untuk menyimpan berbagai asset untuk kemudian digunakan pada suatu aplikasi, seperti dilakukan Pandora dan Youtube. Denan internet dapat dibangun model aplikasi yang disebut client-server computing. Contoh lain, aplikasi peta, mengakses data peta dan GPS dari web server.

b. Audio dan Video Support
Sistem operasi android memungkinkan developer menyertakan audio dan video dalam aplikasi dengan mudah. Berbagai standar format audio dan video di dukung.

c. Contact
Android memungkinkan akses  ke contacs yang tersimpan pada perangkat android. Developer dapat menggunakna fitur ini untuk menampilkan contact dengan cara baru yang berbeda. Hal ini yang dapat dilakukan adalah membangun aplikasi yang menggabungkan antara contacts dengan GPS, yang memberikan notifikasi kepada pengguna jika pengguna berada di dekat alamat satu contact yang ada.

d. Security
Android memungkinkan aplikasi untuk melakukan banyak hal. Akan tetapi android juga menyiapakan mekanisme keamanan beruapa permission berkaitan dengan beberapa tugas. Contoh : Download image dan menyimpannya di SD Card, maka harus disetujui terlebih dahul permission untuk mengaskses SD Card.

e. Google APIs
Sistem operasi android memungkinkan dengan tidak terbatas membuat panggilan telepon, mengorganisasi conctacts atau menginstall aplikasi. Developer juga dapat mengintegrasikan peta (map) ke dalam suatu aplikasi dengan menggunakn Maps API yang mengandung Map Widgets. Berbagai fitur dapat ditambahakan dengan Maps API, antara alin : (1) Menampilkan suatu lokasi di peta, (2) Mendapatkan panduan navigase, (3) Komunikasi data antara aplikasi dengan clouds. 

Demikian sedikit pembahasan dari saya tentang fitur-fitur perangakat keras dan perangkat lunak pada android yang perlu anda ketahui semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan ilmu bagi anda.

0 Response to "Ini dia fitur-fitur perangkat keras dan perangkat lunak pada android yang perlu anda ketahui"

Posting Komentar

wdcfawqafwef