Beberapa alasan dasar membangun aplikasi android

Beberapa alasan dasar membangun aplikasi android - Terdapat beberapa alasan mengapa android kini sangat berkembang pesat dan kenapa juga developer sebaiknya membangun aplikasi android berikut faktor-faktornya:
alasan-alasan dasar membangun aplikasi android
membangun apliksi android
1. Market Place
Developer memiliki kesempatan untuk mengembangkan apliasi untuk pasar yang relatif baru yang sedang berkembang pesat. Keberadaan Android Market akan menempatkan aplikasi yang dibuat oleh developer langusug kepada pengguna. Pengguna tidak perlu mencari melalui internet untuk menemukan dan meng-install aplikasi yang dibuat oleh developer. Pengguna cukup membuka Android Market yang sudah terinstall di perangkat android pengguna dan mengakses aplikasi yang pengguna butuhkan dan menginstall ke dalam perangkat android pengguna.

2. Time to Market
Terdapat Android APIs (Application Programming Interfaces) yang memudahkan developer untuk membangun aplikasi dengan mudah dengan waktu yang singkat.

3. Open Platform
Sistem operasi Android merupakan platform terbuka. Sehingga tidak merujuk pada suatu perusahaan hardware atau suatu provider. Platform terbuka android memungkinkan perkembangan market dengan sangat cepat, karena semua perusahaan hardware dan provider dapat membuat dan menjual perangkat android.Source code android dapat di akses melalui http://source.android.com, untuk digunakan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan hardware, provider dan developer aplikasi.

4. Cross Compability
Android dapat berjalan di berbagi perangkat dengan ukuran dan resolusi layar yang berbeda. Android memiliki fitur yang membantu developer untuk mengembangkan aplikasi yang compatible untuk berbagai perangkat (cross-compatible application). Google memiliki feature detection yang mengatur agar aplikasi yang dikembangkan oleh developernya berjalan di perangkat yang compatible. Sebagai contoh, jika suatu aplikasi membutuhkan kamera depan (front-facing camera) maka hanya perangkat android dengan kamera depan yang akan dapat melihat aplikasi tersebut di Android Market.

Suatu perangkat android harus mengikuti suatu aturan untuk mendaptkan sertifikat kesesuian terhadapat android market untuk memastikan aplikasi dapat berjalan diatasnya, diantaranya keberadaan: (a) Kamera, (b) Kompas, (c) GPS (Global Positioning System), (d) Bluetooth Transceiver.

5. Mashup Capability
Mashup Capability merupakan kemampuan untuk mengkombinasikan dua atau lebih layanan untuk mengembangkan suatu aplikasi. Sebagai contoh, developer dapat membuat mashup dnegan menggunakan kamera dan GPS, sehingga terbagun aplikasi pengambilan photo dengan dilengkapi secara tepat lokasi pengambilannya.

Demikian sedikit ulasan dari saya tentang beberapa alasan dasar membangun aplikasi android, semoga bemanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi anda yang ingin menjadi developer android.

2 Responses to "Beberapa alasan dasar membangun aplikasi android"

  1. Isi artikel cukup lengkap, mudah akurat untuk memahami, untuk mempelajari lebih lanjut Anda dapat mengunjungi di aplikasi android free

    BalasHapus
  2. Mỗi ngăn kéo chứa của tủ dụng cụ có khả năng chịu tải tới 20 kg, rất tốt để đựng những thiết bị khí nén cỡ nhỏ và vừa. Toàn bộ tủ được làm từ thép cao cấp, chống va đập và được sơn tĩnh điện.

    tu dung cu

    BalasHapus

wdcfawqafwef